Irena Mugia Yanti

Irena Mugia Yanti, 125060215 (2016) Irena Mugia Yanti. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover. bab.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ENGLISH.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA JADI.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan di lapangan bahwa proses pembelajaran IPS di sekolah dasar menunjukan adanya gejala - gejala tentang kurangnya minat siswa dalam mempelajari pelajaran IPS. Selain dari kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran I PS, siswapun kurang memahami dari pelajaran IPS yang akan dipelajarinya. Hal itu menunjukkan bahwa guru tidak memberi informasi akhir yang harus dilakukan seorang guru sebagai pengetahuan awal dari materi selanjutnya. K etidak pahaman tentang pembelajaran I PS materi keanekaragaman kenampakan alam diketahui bahwa faktor penyebabnya adalah faktor dari siswa send iri dan faktor dari guru kelas, diantaranya adalah (1) siswa cenderung kurang aktif, ( 2 ) hasil evaluasi menunjukan siswa mengalami kesulitan dalam mema hami materi keanekaragaman kenampakan alam , sehingga nilai evaluasinya rendah, nilai siswa yang tuntas 13,8 % , dan yang tidak tuntas 86,2 % , dengan rata - rata nilai yaitu 41 . Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Sanford dan Kemmis. Dalam pelak sanaan penelitian dilakukan dua siklus dimana subjeknya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 29 siswa. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru/peneliti dan siswa, wawancara, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes berupa evaluasi serta angket hasil respon siswa . Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar Siswa Melalui Pen ggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPS pada Topik keanekaragaman kenampakan a lam di Kelas IV SDN Cipaku 03 Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatka n hasil belajar siswa. P ada siklus I tingkat rata - rata hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran adalah 6 0 . Pada siklus II tingkat hasil belajar siswa rata - rata dal am proses pembelajaran adalah 80 yang berarti telah melebihi nilai KKM yang ditetapkan yaitu 65 . Sehingga sikluspun dihentikan. Hal ini berpengaruh pada ju mlah ketuntasan siswa setelah proses pembelajaran. S iklus I s iswa yang telah tu ntas mencapai KKM sebanyak 41,37 %. Sedangkan Siklus II mengalami peningkatan sebanyak 86 % . Siswa menjadi lebih aktif, berani bertanya dan mengeluarkan pendapat dan pembelajaranpun menjadi lebih menyenangkan . Kata kunci : Problem based learning , kenampakan alam , dan hasil belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:49
Last Modified: 26 Sep 2016 18:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12826

Actions (login required)

View Item View Item