PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MACAMMACAM SUMBER ENERGI DI KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Peserta Didik Kelas IV SDN Lengkong Besar 105/85 Bandung )

OLVIANA TAMO INA, 125060335 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MACAMMACAM SUMBER ENERGI DI KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Peserta Didik Kelas IV SDN Lengkong Besar 105/85 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indo.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diharapkan, pembelajaran tidak interaktif, guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Solusi permasalahannya ialah dengan menerapkan pendekatan CTL dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru selama proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL. pendekatan CTL adalah suatu pendekatan pembelajaran yang membantu siswa untuk menghubungkan materi yang dipelajarinya dengan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari serta menuntut siswa untuk secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVb SDN Lengkong Besar Bandung sebanyak 22 orang siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I presentase hasil belajar sebagian besar siswa belum mencapai KKM yaitu 70 dan Kriteria Ketuntasan Ideal (KKI) yaitu 85%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase hasil belajar siswa berhasil mencapai KKM yaitu 70 dan KKI yaitu 85%. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVb SDN Lengkong Besar Bandung. Hal ini dikarenakan pada pendekatan CTL memberikan pengalaman langsung dengan melibatkan siswa pada pembelajaran dengan berkelompok dan mengaitkan materi pembelajaran kedalam kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari sebagai konteks siswa berfikir kritis. Demikian pendekatan CTL dapat dijadikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:05
Last Modified: 26 Sep 2016 15:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12816

Actions (login required)

View Item View Item