UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI MEMBACA PETA LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Wanguk 2 Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Tahun Akademik 2016/2017)

FENI MAY LISTIANI, 125060157 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI MEMBACA PETA LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Wanguk 2 Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Tahun Akademik 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Inggris).pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ber tujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Wanguk 2 pa da materi membaca peta lingkungan setempat. Penelitian ini dilata rbelakangi oleh kurangnya kerja sama siswa kar ena guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, rata - rata hasil belajar siswa pada materi membaca peta lingkungan setempat masih banyak yang belum mencapai KKM serta model pembelajaran yang digunak an oleh guru pad a kegiatan pembelaja ran masih konvensional. P enelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menerapkan model Number Head T ogether . Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan revleksi. Hasil penelitian menu njukan adanya peningkatan kerja sama dan hasil belajar siswa. Pada siklus I skor rata - rata kerjasama siswa sebesar 60.31 dengan kategori sedang dan pada siklus II skor rata - rata kerja sama dan hasil belajar sebesar 75.99 dengan kategori baik. Pada siklus I skor rata - rata hasil belajar siswa p ada hasil pre tes sebesar 62.2 , dengan kategori kurang dan pad a hasil post tes sebesar 70.2 , dengan kategor i baik. Pada siklus II, skor rata - rata hasil belajar pa da hasil pre tes sebesar 61.6, dengan kategori kurang dan pad a hasil post tes sebesar 74.2 dengan kategori baik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disipmulk an bahwa penggunaan model Number Head Together dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa kelas IV pa da materi Membaca peta lingkungan setempat . Dengan demikian model Number Head Together dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterap kan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas a gar meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Number Head Together , Kerjas ama, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:00
Last Modified: 26 Sep 2016 15:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12809

Actions (login required)

View Item View Item