PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 4 Cikopo Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta)

WIWIN WINENGSIH, 125060173 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 4 Cikopo Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (1-19).pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (20-56).pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ( 121-124 ).pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian di SDN 4 Ciko po pada tanggal 21 - 28 Juli 2016. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA pada materi sisitem pernapasan manusia kelas V, kurangnya pemanfaatan model pembelajaran, kurangnya minat pese rta didik terhadap pembelajaran IPA. Penerapan model ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kel as V SDN 4 Cikopo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA khususnya materi sisitem pernapasan manusia dengan menggunakan model Group Investigation . Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan tiga siklus dan masing - masing siklus dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevrasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pretest dan posttest . Alat pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen soal serta lembar observasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa penggunaan model Group Investigation dalam proses pembelajaran IPA kelas V SDN 4 Cikopo dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa ter jadi peningkatan pada hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 1 orang sebesar (20,83%), siklus II yaitu 13 orang (54,16%), dan pada siklus III yaitu 21 orang (87,5%) sehi ngga adanya peningkatan dari siklus I, siklus II dan siklus III. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpilkan bahwa penggunaan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPA materi Sistem Pernapasan Manus ia kelas V SDN 4 Cikopo. Kata kunci: Model, Group Investigation , Hasil Belajar, IPA, Sistem Pernapasan Manusia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 14:49
Last Modified: 26 Sep 2016 14:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12796

Actions (login required)

View Item View Item