Portrait Photography dengan Teknik Slow Synchronization Flash dalam Pemotretan Tari Balet Klasik. Nurul Afifah (096020014)

NURUL AFIFAH (2016) Portrait Photography dengan Teknik Slow Synchronization Flash dalam Pemotretan Tari Balet Klasik. Nurul Afifah (096020014). Skripsi(S1) thesis, Fotografi & Film.

[img]
Preview
Text
Nurul Afifah (096020014).pdf

Download (678kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Kata kunci: portrait photography, slow synchronization flash, tari balet. Tugas Akhir Karya Fotografi; 12 karya portrait photography; 13 buku sumber; 4 situs internet; 59 halaman isi. Portrait photography merupakan salah satu aliran di bidang fotografi dimana ekspresi subjek merupakan fokus pada gambar. Dalam penelitian ini penulis membuat gambar portrait di studio dengan subjek bergerak yaitu penari balet (ballerina). Agar gambar yang dihasilkan dapat menyiratkan gerak, maka teknik yang digunakan yaitu slow synchronization flash. Teknik ini dikenal juga sebagai sinkron lambat, dimana fotografer memberikan waktu lebih lama untuk film atau sensor kamera tercahayai, sehingga akan menghasilkan efek blur pada gerakan subjek. Tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah untuk mengidentifikasi teknik slow synchronization flash pada pemotretan portrait di studio dengan subjek yang bergerak. Penulis memilih penari balet sebagai subjek pemotretan. Alasannya adalah karena gerakan tari balet merupakan gerakan dasar dari jenis tarian lain dan memiliki mime (bahasa tubuh universal). Dalam peneltian ini penulis menggunakan metode penelitian eksperimen. Dimana akan dilakukan pengamatan terhadap hubungan antara kecepatan rana, gerakan subjek, posisi dan arah penyinaran, warna background dan aspek-aspek lain yang berhubungan dengan pemotretan. Dari hasil penelitian, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat karya portrait dengan teknik slow synchronization flash di studio. Diantaranya adalah kesan gerak pada gambar dapat diciptakan dengan background terang maupun gelap. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya arah gerakan subjek, posisi lampu, kecepatan rana, warna gelatin filter dan aksesori lampu yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Fotografi dan Film 2014
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 26 Sep 2016 14:36
Last Modified: 26 Sep 2016 14:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12794

Actions (login required)

View Item View Item