PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SESUAI DENGAN GAMBAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Hidup Rukun, Subtema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Kegiatan Pembelajaran 5 dan 6 di Kelas II SDN Cibodas 02 Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016-2017)

Roby Sopiansyah, 125060297 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SESUAI DENGAN GAMBAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Hidup Rukun, Subtema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain Kegiatan Pembelajaran 5 dan 6 di Kelas II SDN Cibodas 02 Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR FUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis kalimat sesuai d engan gambar pada pembelajaran tematik melalui pendekatan discovery learning dengan tema hidup rukun subtema hidup rukun dengan teman bermain pada pembelajaran 5 dan 6 di kelas II SDN Ci bodas 02 kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung pembelajaran yang berl angsung menggunakan metode discovery learning . Sehingga berdasarkan penelitian awal pada hasil belajar siswa yang tuntas belajar mencapai 75 %. Pendekatan discovery learning berguna untuk mempercepat pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran lebih ak tif dan komunikatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang di rancang metode penelitiannya mengacu pada model Spiral Penelitian Tindakan Kelas Hopkins (Masnur Muslich, 2009: 43) . Teknik pengump ulan data penelitian yang di gunakan adalah dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencana, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik eveluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknis tes, te knis non tes dan observasi. Sedangkan instumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar pengukur RPP, lembar observasi guru , lembar penilaian , lembar penilaian aktivitas keterampilan menulis kalimat sesuai dengan gambar dan lembar penilaian aspek sikap . Pen ilai an RPP dengan menggunakan Rubik RPP secara keseluruhan telah menunjukan adanya peningkata n dari data awal proses belaja r d ari data yang diperoleh, pada perencanaan siklus I mencapai 75 %, siklus II 100 % , Untuk hasil kemampuan keterampilan menulis kalima t sesuai dengan gambar diperoleh pada hasil presentase sebesar 91,2% h al ini terbukti dengan selalu meningkatnya nilai persentase aktivitas siswa dal am keterampilan menulis kalimat, sedangkan dalam aspek sikap percaya diri dan teliti pada tahap presentase awal diperoleh 75,2% dan sikap teliti 84,9% sedangkan pada tahap presentase akhir diperoleh 89,9% aspek sikap percaya diri dan teliti diperoleh 99,9% dan bisa dikategorikan nilai yang diperoleh sangat baik. x Dengan demikian pembelajaran menggunakan metode discovery learning sangat menunjang untuk pembelajaran keterampilan menulis kalimat sesuai dengan gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 14:32
Last Modified: 26 Sep 2016 14:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12789

Actions (login required)

View Item View Item