PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI RANGKA

DESI AISY WULANDARI, 125060280 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI RANGKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan meningkatkan kreativitas dan hasil belajar yang dimiliki siswa pada pembelajaran IPA khususnya materi rangka, baik sebelum maupun sesudah penggunaan model pembelajaran discovery learning . Penelitian di latar belakangi oleh rendahnya nilai rata - rata pembelajaran IPA yang dikarenakan kurangnya kesiapan guru dan rendahnya kreativitas siswa serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diimplementasikan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) melalui penggunaan model discovery learning . Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, dilaksanakan di kelas IV SDN Kertabasuki 2 dengan jumlah si swa 33 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi angket respon siswa, aktivitas siswa, dokumen guru, aktivitas guru dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar yang dimiliki siswa bisa dilihat dari hasil belajar, angket respo n siswa, aktivitas siswa, aktivitas guru dan dokumen guru. Pada siklus I hasil postest siswa yang mencapai KKM yaitu 60,6 0 %. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu diperoleh siswa yang mencapai KKM sebesar 90,9 0 %. Itu artinya penggunaan mode l discovery learning ini sangat efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi rangka. Serta hasil aktivitas siswa, dan respon siwa menunjukkan kategori yang baik. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran penemuan dapat me ningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa, diharapkan guru dapat mencoba dan menerapkan model pembelajaran pada materi yang lain dalam upaya untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa lebih lanjut. Kata k unci : Discovery Learning , Kreativ itas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 14:54
Last Modified: 26 Sep 2016 17:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12784

Actions (login required)

View Item View Item