PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI AJAR PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas IV Semester II Di SDN Kebun Baru 2 JL. Veteran No. 28 Kota Cirebon Tahun Ajaran 2015-2016)

Iis Sugiyanti, 125060274 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI AJAR PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas IV Semester II Di SDN Kebun Baru 2 JL. Veteran No. 28 Kota Cirebon Tahun Ajaran 2015-2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
CAVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebon Baru 2 JL. Veteran No. 28 Kota Cirebon dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 24 orang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Transportasi dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini didasari oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan bahwa proses pembelajaran dikelas siswa tidak memahami materi yang disampaikan karena asik mengobrol dengan teman sebangkunya, selain itu kurangnya media yang tidak menarik untuk digunakan dan kurang optimal dalam penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model Discovery Learning yang terdiri dari 6 langka yaitu 1. Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan), 2. Promblem statmen (pertanyaan/identifikasi masalah), 3. Data collection (pengumpulan data), 4. Data processing (pengolahan data), 5. Verifikasi (pembuktian), 6. Generalization (generasi/menarik kesimpulan). Alur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Berdasarkan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklusnya yaitu, penilaian perencanaan pelaksaan pembelajaran (RPP) siklus I sebesar 50% dan siklus II sebesar 75%. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran siklus I 70% dan siklus II sebesar 80%. Peningkatan motivasi belajar siswa siklus I sebesar 63% dan Siklus II sebesar 82%. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I sebesar 45% dan siklus II sebesar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:42
Last Modified: 26 Sep 2016 19:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12783

Actions (login required)

View Item View Item