PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING BANGUN DATAR DAN LUAS JAJARGENJANG (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Jati Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat)

FIKRY IMAM TAUFIQ, 125060272 (2016) PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING BANGUN DATAR DAN LUAS JAJARGENJANG (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Jati Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Versi Indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Versi Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Bismillah.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Bismillah.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggun akan pendekat an pembelajaran problem solving pada materi keliling bangun datar dan luas jajargenjang . Penelitian ini dilaksa nakan di ke las I V SDN I Jati dan dilatar belakangi rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika. Sebagian besar siswa b elum bisa menyelesaikan atau memecahkan masalah - masalah matematika, kurang tertarik dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran yang dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga hasil yang diperoleh kurang memuaskan. Penelitian ini men ggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa na an, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dengan menggu nakan pendekatan pembelajaran problem solving strategi Polya . Berikut pemaparan hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan problem solving yaitu: a ktivitas belajar peserta didik pada siklus I menunjukan bahwa peserta didik yang tuntas mencapai KKM yaitu sebanyak 12 peserta didik atau 60% dari 20 peserta didik yang hadir dan aktivitas belajar peserta didik pada siklus II menunjukan bahwa peserta didik yang tuntas mencapai KKM yaitu sebanyak 17 atau 85% dari 20 peserta didik yang hadir. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas mencapai KKM yaitu sebanyak 13 peserta didik atau 65% dari 20 peserta didik yang hadir dan hasil belajar peserta didik pada siklus II menunjukkan bahwa peserta didik yang tuntas mencapai KKM yaitu sebanyak 18 peserta didik atau 90% dari 20 peserta didik yang hadir. Dengan demikia n, penggunaan pendekatan pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : problem solving, aktivitas , hasil belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 14:08
Last Modified: 26 Sep 2016 14:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12781

Actions (login required)

View Item View Item