PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SD KELAS IV SDN I JATI (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan Kelas IV SDN I Jati Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2016/2017)

EKA NURHARYANTO, 125060289 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SD KELAS IV SDN I JATI (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan Kelas IV SDN I Jati Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran IPS pokok bahasan menghargai jasa pahlawan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN I Jati dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan kerjasamanya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus I yaitu 66,45 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 78,50. Hasil belajar siklus I nilai rata-rata yaitu 64, dan hasil belajar siklus II rata-rata nilai mencapai 78,50. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan menghargai jasa pahlawan pada kelas IV SDN I Jati. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: problem based learning, kerjasama, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 13:57
Last Modified: 26 Sep 2016 13:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12780

Actions (login required)

View Item View Item