PEN ERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJ AR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS

FADLI A BDUL AZIS, 125060164 (2016) PEN ERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJ AR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 abstrak bahasa inggris.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 ABSTRAK indo.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 bab I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB II.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model example non example pada pembelajaran IPS pokok bahasan Kenampakan Alam Serta Hubungannya Dengan Keragaman Sosial Budaya . Penelitian ini dilaksanakan di kelas I V SDN Cigumelor dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang termotivasi di dalam proses belajar dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model example non example . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pel aksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran example non example yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/ identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa , penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk menge tahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata - rata dari penilaian motivasi dan hasil tes belajar. Pada penilaian motivasi nilai rata - rata siklus 1 yaitu 71,65 sedangkan siklus 2 mencapa i nilai rata - rata 77 , 6 5 . Hasil belajar siklus 1 nilai rata - rata yaitu 6 2, dan hasil belajar siklus 2 rata - rata nilai mencapai 7 3 ,28. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model example non example dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pem belajaran IPS pokok bahasan Kenampakan Alam Serta Hubungannya Dengan Keragaman Sosial Budaya di kelas I V SDN Cigumelor . Dengan demikian, penggunaan model example non example dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran I PS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : model example non example , motivasi , hasil belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 14:02
Last Modified: 26 Sep 2016 14:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12778

Actions (login required)

View Item View Item