PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPS SD KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran IPS Kompetensi Dasar Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia yang dilakukan di Kelas V SD Negeri 4 Damar Desa Burong Mandi Kecamatan Damar Kabupaten Belitung Timur Tahun Ajaran 2016/2017)

ARGA ARIESTA, 125060015 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN IPS SD KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran IPS Kompetensi Dasar Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia yang dilakukan di Kelas V SD Negeri 4 Damar Desa Burong Mandi Kecamatan Damar Kabupaten Belitung Timur Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK biasa pdf.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK englishb.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA BAB All.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa peserta didik kelas V masih banyak yang kurang semangat dan cenderung diam ketika pembelajaran IPS. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang kurang memuaskan di bawah KKM 75. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture tentang materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan guru menerapkan strategi pembelajaran yang tetap. Subjek tindakan adalah peserta didik kelas V SD N 4 Damar yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui tes dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksana an tindakan, observasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak langsung pada prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ha sil belajar peserta didik yang ada peningkatan. Pada siklus I presentase peserta didik yang tuntas belajar hampir setengahnya peserta didik yaitu sebanyak 14 orang dengan presentase 63,63% mencapai batas tuntas belajar. Pada siklus II presentase belajar pe serta didik yang tuntas hampir seluruh siswa yang tuntas sebanyak 20 orang dengan presentase 90,90%. Hal ini dikarenakan penerapan model pembelajaran picture and picture dapat dijadikan suatu alternatif pemecahan masalah pembelajaran, karena model pembelaj aran ini mengutamakan gambar untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahap - tahap yang melatih kemampuan peserta didik. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture be rhasil ditingkatkan. Kata kunci: picture and picture, aktivitas belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 13:55
Last Modified: 26 Sep 2016 13:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

View Item View Item