FAJAR HIDAYAT, 125060265 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Jati Satu Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat TahunPelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
iv PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dengan menggun akan model problem based learning dalam pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa . Penelitian ini dilaksa nakan di ke las I V SDN Jati Satu dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan kerjasama nya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdi ri dari perencanaan, pelaksa na an, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan , pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi . Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa , penilaian k erjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pe ningkatan nilai rata - rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata - rata siklus I yaitu 66,45 sedangkan siklus II mencapai nilai rata - rata 75 ,5 . Hasil belajar siklus I nilai rata - rata yaitu 6 4 , dan hasil belajar siklus II rata - rata nilai mencapai 7 8,50 . Hal ini menunjukkan bah wa penggunaan model problem based learning dapat men ingkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa pada kelas I V SDN Jati Satu . Dengan demikia n, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untu k diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : problem based learning , kerjasama , hasil belajar .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 13:46 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 13:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12766 |
Actions (login required)
View Item |