PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN TOLERANSI SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV SD N ASMI BANDUNG Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Dengan Pemanfaatkan Media Gambar Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017)

BADU DESDIANSYAH, 1250600 69 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN TOLERANSI SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV SD N ASMI BANDUNG Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Dengan Pemanfaatkan Media Gambar Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABTRAK INDONESIA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENGLISH.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan toleransi serta hasil belajar siswa kelas IV SDN ASMI Bandung pada sub tema I keberagaman budaya bangsaku. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaborasi. Peneliti bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IV sebagai obserper. PTK ini terdiri dari dua siklus, siklus I sampai dengan siklus II dilakukan dalam enam kali pertemuan. Kreteria keberhasi lan penelitian ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Keberhasilan proses yaitu jika perencanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran mencapai persentase 85%. Sedangkan keberhasilan hasil yaitu jika aktifitas belajar siswa keseluruhan siswa yang meliputi kognitif, afektif dan psikomotor mencapai persentase 85% dari jumlah siswa kelas IV yang mencapai kreteria Ketuntasan Minimal (KKM= 75). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model disco very learning p ada sub tema I keberagaman buday a bangsaku dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan toleransi sertahasil belajar siswa di kelas IV. Hal ini ditunjukan dengan hasil aktifitas belajar siswa dan hasil afektif pembelajaran pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil aktifitas belajar siswa dan hasil belajar secara keseluruhan adalah sebagai berikut: RPP siklus I sebesar 77,41, 80,64%, dan 83, 87% dengan rata – rata 80,32% . Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 83,87%, 87,09%, dan 93,54% dengan rata – rata 88,17%. Berdasarkan analisis data tersebut, dapatdisimpulkan bahwa penerapan model discovery learning pada sub tema I keberagaman budaya bangsaku dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan toleransi serta hasil belajar siswa di k elas IV SDN ASMI Kota Bandung. Kata kunci: discovery learning, sikap rasa ingin tahu da n toleransi serta hasil belajar siswa .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 12:44
Last Modified: 26 Sep 2016 12:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12755

Actions (login required)

View Item View Item