PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Perkembangan Teknologi, Subtema Perkembangan Teknologi Komunikasi di Kelas III Semester I SDN Asmi Bandung)

RENDI PRASTIO, 125060104 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Perkembangan Teknologi, Subtema Perkembangan Teknologi Komunikasi di Kelas III Semester I SDN Asmi Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Indonesia.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Inggris.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Bab II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema perkembangan teknologi subtema perkembangan teknologi komunikasi di kelas III SDN Asmi dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal penelitian, terdapat beberapa m asalah pada proses pembelajaran, di antaranya yaitu dalam proses pembelajaran, kurangnya rasa percaya diri siswa , kemudian pembelaj aran masih berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, akibatnya hasil belajar peserta didik menurun. Ha l ini dibuktikan oleh hasil pretes dan postest siswa siklus I dengan ketu ntasan 3 8,2 %. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan dalam meningkatkan hasil belajar, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) . Penelitian ini me nggunakan dua siklus dimana setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, wawancara, angket, dan lembar tes. Perencanaan dengan menggunakan model pembe lajaran Problem Based Learning (PBL) ini menekankan pada peningkatan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa. P enelitian ini menunjukan hasil yeng memuaskan, hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar dari pemahaman peserta didik terhadap materi. Hasil postes dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I I dengan persentase 88,23%, rasa percaya diri siswa dengan persentase 91,75 % . Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) da pat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema perkembangan teknologi subtema perkembangan teknologi komunikasi . Kata K unci: Problem Based Learning (PBL) , Percaya Diri, Hasil Belajar Siswa .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 12:31
Last Modified: 26 Sep 2016 12:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12751

Actions (login required)

View Item View Item