PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KAIDAH TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA ISTILAH TEKNIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FEBRI TEGUH PRIYOTNO, 125030028 (2016) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KAIDAH TEKS EKSPOSISI BERFOKUS PADA ISTILAH TEKNIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
SAMPUL COVER Febri FIX s.docx.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract FIX.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ACC Hal Edit.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II ACC Hal Edit.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mengidentifikasi berkaitan dengan keterampilan membaca. Salah satunya yaitu mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri, yang menekankan pada konsep untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam menemukan dan memecahkan masalah. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis de-ngan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung? (2) Mampukah siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung mengidentfikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri secara tepat? dan (3) Efektifkah metode inkuiri diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung; (2) Siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung mampu mengidentfikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri secara tepat; dan (3) Metode inkuiri efektif diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,75 yang termasuk kategori baik sekali. b. Siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung mampu mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis dengan menggunakan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 1,24 dan nilai rata-rata postes sebesar 2,84. Peningkatannya sebesar 1,6. c. Metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi kaidah teks eksposisi berfokus pada istilah teknis. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung vi sebesar 16,4 , ttabel sebesar 2,06 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 23. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Mengidentifikasi kaidah teks ekposisi, dan Metode inkuiri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 12:22
Last Modified: 26 Sep 2016 12:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12750

Actions (login required)

View Item View Item