PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada Kelas IV A Semester Satu SDN Halimun Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017)

HASNI FARIDA RAHMAN, 125060137 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE NUMBER HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada Kelas IV A Semester Satu SDN Halimun Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak inggris.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Halimun Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Diperlukan sebuah pendekatan yang dapatmemberikan peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa, salah satunya model PBL tipe NHT.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL tipe NHT pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Metode yang digun akan adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan su bjek siswa kelas I V A dengan menggunakan model PBL tipe NHT menghasilkan peningkatan kerjasama belajar dari s etiap siklusnya.Siklus I sebesar 69 % , dan siklus II sebesar 9 2 %. Nilai rata - rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 7 3 ( baik ), siklus II sebesar 80 (baik) serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 80 % , dan siklus II sebesar 9 2 %. Nilai rata - rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 74 (baik), siklus II sebesar 7 7 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL tipe NHT dapat menin gkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata Kunci : Kerjasama , Hasil belajar, Model PBL , tipe NHT

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 19:35
Last Modified: 24 Sep 2016 19:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12734

Actions (login required)

View Item View Item