PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI)

LYA ZULHAMRI, 124020243 (2016) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB I.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris mengenai praktik perataan laba dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas dan financial leverage. Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling yang dilakukan terhadap perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2015 terdapat 10 perusahaan sampel. Indeks Eckel digunakan sebagai indikator praktik perataan laba 18 data dikategorikan melakukan praktik perataan labadan 22 data tidak melakukan praktik perataan laba. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis (Wald Test), analisis regresi logistik, analisis korelasi ETA, koefisien determinasi (Nagelkerke’s R Square). Hasil uji statistik secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas dan financial leverage berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba (Income Smoothing) Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Financial Leverage dan Praktik Perataan Laba

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 24 Sep 2016 19:06
Last Modified: 24 Sep 2016 19:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item View Item