PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Semester Ganjil SDN Halimun Bandung Kecamatan Lingkar Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

AZY WARDHIMAN, 125060 118 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Semester Ganjil SDN Halimun Bandung Kecamatan Lingkar Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa percaya diri siswa karena siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, rata - rata hasil belajar siswa subtema hewan di sekitarku belum mencapai KKM. Penelitian i ni bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya dir i dan hasil belajar siswa pada subtema wujud benda dan cirinya di kelas V SDN Halimun. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning. Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V pada subtema wujud benda dan cirinya . Dengan demikian model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelaja ran yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Rasa Percaya Diri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 18:21
Last Modified: 26 Sep 2016 19:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

View Item View Item