PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Angkasa 8 Jl. Terusan Kopo KM 10 Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016-2017)

SITI HONIJAH, 125060294 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Angkasa 8 Jl. Terusan Kopo KM 10 Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang dimiliki siswa pada pembelajaran IPA khususnya materi fungsi organ tubuh manusia dan hewan , baik sebelum maupun sesudah penggunaan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian dilat a r belakangi oleh rendahnya nilai rata - rata pembelajaran IPA yang dikarenakan kurangnya kesiapan guru dan rendahnya aktivitas siswa serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diimplementasikan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) melalui pe nggunaan model Discovery Learning . Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, dilaksanakan di kelas V SDN Angkasa 08 dengan jumlah siswa 2 2 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi angket respon siswa, aktivitas siswa, dokumen guru, aktivitas guru dan tes . Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar yang dimiliki siswa bisa dilihat dari hasil belajar, angket respon siswa, aktivitas siswa, aktivitas guru dan dokumen guru. Pada siklus I hasil posttest S iswa yang mencapai KKM yaitu 67,27 %. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu diperoleh siswa yang mencapai KKM sebesar 90,9 %. Itu artinya p enggunaan model Discovery Learning ini sangat efektif digunakan pada pembelajaran IPA fungsi organ tubuh manusia dan hewan . Serta hasil aktivitas siswa, dan respon siwa menunjukkan kategori yang baik. Be rdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran penemuan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, diharapkan guru dapat mencoba dan menerapkan model pembelajaran pada materi yang lain dalam upaya untuk meningkatkan akti vitas dan hasil belajar siswa lebih lanjut. Kata Kunci : Discovery Learning , Aktivitas , Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 18:09
Last Modified: 24 Sep 2016 18:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12705

Actions (login required)

View Item View Item