PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Nambo Jl.Raya Haurgeulis-Gantar KM 06 Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu Tahun Pelajaran 2016-2017)

MIA ANGGRAENI, 125060282 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Nambo Jl.Raya Haurgeulis-Gantar KM 06 Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu Tahun Pelajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas V SDN Nambo Kabupaten Indramayu yang menunjukan kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Penggunaan metode konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pas if dan hasil belajar yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Nambo Kabupaten Indramayu dalam pembelajaran IPA pada materi fungsi organ tubuh manusia dan hewan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Nambo Kabupaten Indramayu Tahun Pelajaran 2016 - 2017 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan angket . Hasil penelitian menjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil observasi aktivi tas belajar siswa pada siklus I sebesar 58,75% dan siklus II sebesar 9 2,5%. Adapun peningkatan hasil b elajar siswa pada siklus I mencapai persentase seb esar 54,16% dan siklus II sebesar 91,66% . Berdasarkan ha sil penelitian tersebut menunjukan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Nambo Kabupaten Indramayu dalam pembelajaran IPA pada materi fungsi organ tubuh manusia dan hewan, sehingga dapat digunakan s ebag ai salah satu alternatif model pembelajaran IPA dan dapat di sarankan kepada guru untuk menggunakan model Discovery Learning karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Discovery Learning , Aktivita s Belajar, Hasil Belaj ar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 17:49
Last Modified: 24 Sep 2016 17:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12702

Actions (login required)

View Item View Item