PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA

ELENY RANSUN, 125060113 (2016) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AN APPLICATION OF PICTURE AND PICTURE METHOD TO IMPROVE STUDENTS UNDERSTANDING AND LEARNING OUTCO.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk men ingkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan model picture and picture di SD Al Fatah Al Hasan Bandung tahun ajaran 2016/2017 . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelelitian ini adalah sis wa siswa kelas IV SD Al Fatah Al Hasan Bandung de ngan jumlah siswa 22 orang, yait u 11 orang siswa laki - laki dan 11 orang siswa perempuan. Penelitian bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas sebagai observer . Instrumen yang digunakan dian taran ya tes ( pretest dan posttest ) , angket, lembar observasi dan dokumentasi. Berdas arkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunkan model picture and picture yang dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus nya. Dengan perolehan setiap siklusnya sebagai berikut: P retest siklus I siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa atau 45,45%, dan siklus II siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 15 atau 68,18%. Posttest siklus I siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 11 orang siswa atau 50% dan siklus II yang telah mencapai KKM sebanyak 19 orang siswa atau 86,36%. Pada siklus II ini telah mengalami peningkatan jumlah siswa ya ng mencapai KKM dari siklus I. Berdasarkan has il peneltian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat dijadikan implementasi pada pembelajaran IPA dalam upaya meningkatkna pemahaman dan hasil belajar. Kata Kunci: Pemahaman, Hasil Belajar dan Model Picture and Picture

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 17:20
Last Modified: 24 Sep 2016 17:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12699

Actions (login required)

View Item View Item