MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas V SDN Cinta Asih 1 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung)

ROFIATUN NISSA, 1 250 60165 (2016) MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas V SDN Cinta Asih 1 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrack inggris.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar sis - wa dengan menggunakan model role p laying pada pembelajaran IPS pokok baha - san keanekaragaman budaya di Indonesia . Penelitian ini dilaksa nakan di kelas V SDN Cintaasih 01 dan dilat a r belakangi keadaan siswa yang kurang m enunjukkan kerjasamanya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih ba - nyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode cerama h yang cen - derung monoton dan belum menggunakan model role p laying . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) de - ngan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa na an, ob - servasi, analisis dan refleksi. Penelitia n ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran role play - ing . Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk menge - tahui hasil belajar siswa , penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk menge - tahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata - rata dari penila - i n kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata - rata siklus 1 yaitu 6 5 sedangkan sikl us 2 mencapai nilai rata - rata 83 . Hasil belajar sik lus 1 nilai rata - rata yaitu 7 1, dan hasil belajar siklus 2 rata - rata nilai mencapai 79,83 . Hal ini menunjukkan bah wa penggunaan model role playing dapat meningkatkan kerjasa - ma dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaraga - man budaya di Indonesia di kelas V SDN Cintaasih 01 . Dengan demikia n, peng - gunaan model role playing dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untu k diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : bermain peran , kerjasama, hasil belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 14:18
Last Modified: 24 Sep 2016 14:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12661

Actions (login required)

View Item View Item