ANALISIS PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DINAS PELAYANAN PAJAK KOTA BANDUNG

Gugun Ruswanurgana, NPM :148010062 (2016) ANALISIS PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DINAS PELAYANAN PAJAK KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel Gugun.docx

Download (123kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada Sekretariat Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung,, ternyata ditemukan masalah efektivitas kerja pegawai belum berjalan secara optimal yang diduga oleh disiplin kerja yang belum dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu metode yang bersifat menggambarkan suatu keadaan yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilaksanakan, serta bagaimana hubungannya. Data yang ditetapkan dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang ada serta masalah yang ada untuk diambil kesimpulannya. Adapun variabel penelitiannya adalah displin kerja pegawai sebagai variabel bebas dan efektivitas kerja pegawai sebagai variabel terikat. Disiplin kerja secara simultan telah memberikan pengaruh yang cukup besar dan signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai Sekretariat Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung sebesar 59,8%. Hal ini mengandung makna bahwa disiplin kerja yang selama ini dilaksanakan oleh pemimpin, secara empirik memberikan pengaruh yang sangat dominan terhadap efektivitas kerja pegawai. Penelitian ini juga menemukan bahwa rendahnya efektivitas kerja pegawai Sekretariat Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung, tidak hanya ditentukan oleh disiplin kerja semata, tetapi juga ditentukan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti tetapi dapat mempengaruhi efektivitas kerja pegawai, yang dalam statistik disebut epsilon sebesar 40,2%. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial disiplin kerja memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai Sekretariat Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung. Hal ini membuktikan bahwa disiplin kerja dengan parameter yang ada pengaruhnya cukup dominan terhadap efektivitas kerja pegawai. Adapun parameter dari disiplin kerja yang memberikan pengaruh paling besar sampai terkecil terhadap efektivitas kerja pegawai adalah parameter kepatuhan pada peraturan 30,5%, kehadiran dalam bekerja 16,6% dan parameter kesadaran dalam bekerja 12,7%.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Sep 2016 13:47
Last Modified: 24 Sep 2016 13:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12649

Actions (login required)

View Item View Item