ANALISIS PENGARUH PROSEDUR KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus Standar Operasional Prosedur Pencairan Keuangan)

Elly Yudiningsih, NPM : 148010066 (2016) ANALISIS PENGARUH PROSEDUR KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus Standar Operasional Prosedur Pencairan Keuangan). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel ELLY.doc

Download (211kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah efektivitas kerja pegawai di lingkungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh prinsip prosedur kerja yang belum dilaksanakan oleh pemimpin secara maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis yaitu metode penelitian yang menggambarkan kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa berdasarkan fakta dan data yang sedang berlangsung pada saat penelitian. Variabel penelitian yaitu menjelaskan batasan atau definisi dan alat analisisnya yang dikaji dalam penelitian secara terperinci yang terdiri dari variabel bebas yaitu variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel terikat. Secara simultan prosedur kerja telah memberikan pengaruh sangat besar terhadap efektivitas kerja pegawai di lingkungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung yaitu 87,3%. Hal ini mengandung makna bahwa prosedur kerja berkaitan dengan standar operasional prosedur pencairan keuangan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung sangat dominan dan menentukan terhadap efektivitas kerja. Hasil temuan penelitian menemukan juga bahwa variabel kinerja pegawai pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh variabel prosedur kerja semata, tetapi ada faktor atau variabel lain yang juga ikut mempengaruhi terhadap kinerja pegawai tersebut sebesar 12,7%. Secara parsial prosedur kerja diukur melalui prinsip memperhatikan segi-segi,tujuan, fasilitas, peralatan, material yang tersedia (X1), mempersiapkan penjelasan tujuan pokok organisasi (X2), menentukan satu pokok bidang tugas yang akan dibuat (X3), membuat daftar secara rinci tentang pekerjaan (X4), menetapkan urutan tahap demi tahap (X5), setiap tahap harus merupakan kerja yang nyata (X6) menetapkan kecakapan dan keterampilan pegawai (X7), harus disusun secara tepat (X8), menggunakan simbol dan skema atau bagan yang tepat (X9) dan perlu dipakai buku pedoman (X10) telah mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai di lingkungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung. Hal tersebut mengandung makna bahwa semua prinsip dari prosedur kerja berkaitan dengan standar operasional prosedur pencairan keuangan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung sangat dominan dan menentukan terhadap efektivitas kerja. Adapun prinsip dari prosedur kerja yang besar pengaruhnya paling besar adalah adalah prinsip membuat daftar secara rinci/detail tentang pekerjaan sebesar 37,6%, sedangkan yang paling kecil adalah prinsip menetapkan urutan tahap demi tahap sebesar 1,9%.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Sep 2016 13:42
Last Modified: 24 Sep 2016 13:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12645

Actions (login required)

View Item View Item