PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DIREKTORAT AEROSTRUCTURE PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)

Siska komila oktaviani, 114010163 (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DIREKTORAT AEROSTRUCTURE PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam suatu perusahaan, pemimpin dianggap sebagai seorang pribadi yang memiliki kekuasaan tertentu untuk menggerakkan orang lain melakukan usaha bersama guna mencapai tujuan perusahaan. Untuk menjalankan fungsi dan sasaran tujuannya, perusahaan harus menerapkan gaya kepemimpinan yang konsisten serta harus berupaya untuk mempengaruhi, memotivasi, dan membuat orang lain mampu memberikan kontribusi demi efektivitas dan keberhasilan organisasi. PT. Dirgantara Indonesia (PT.DI) merupakan suatu perusahaan manufaktur besar yang memproduksi pesawat terbang dengan konsumen yang banyak dan memiliki target produksi yang tidak sedikit. Maka PT. Dirgantara Indonesia memerlukan karyawan yang berkompeten dan dapat membangun hubungan kerjasama yang baik dengan pemimpin maupun rekan kerja, serta harus memiliki motivasi yang tinggi untuk lebih giat dan disiplin dalam bekerja. Oleh sebab itu, diperlukan peran pemimpin yang profesional dengan kepemimpinan yang cocok dalam memotivasi karyawannya. Namun pada kenyataannya, masih terdapat masalah pada motivasi kerja karyawan yaitu masih banyaknya karyawan yang selalu datang terlambat saat masuk kerja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian berupa studi deskriptif dan studi kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian officer direktorat Aerostructure PT. Dirgantara Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 65 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat diketahui bahwa kepemimpinan demokratis berpengaruh terhadap kinerja karyawan direktorat Aerostructure PT. Dirgantara Indonesia. Diketahui bahwa besarnya pengaruh kepemimpinan demokratis tersebut berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 35,8% sedangkan Budaya organisasi sebesar 32% sisanya sebesar 32,2%dipengaruhi oleh variabel atau faktor-faktor di luar variabel penelitian. Hasil penel itian secara keseluruhan menyimpulkan bahwa penerapan gaya kepemimpinan demokratis pada direktorat Aerostructure PT. Dirgantara Indonesia tergolong dalam kategori cukup baik. Dari sisi Budaya organisasi karyawan juga tergolong kategori baik yang berarti gaya kepemimpinan demokratis cocok diterapkan untuk menunjang motivasi kerja karyawan pada direktorat Aerostructure PT. Dirgantara Indonesia. Kata Kunci : Kepemimpinan, Buadaya Organisasi dan Kinerja Karyawan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2011
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 24 Sep 2016 13:43
Last Modified: 24 Sep 2016 13:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12644

Actions (login required)

View Item View Item