INSTAGRAM SEBAGAI AJANG EKSISTENSI DIRI Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas

Nabilla Aprilia, 112050003 (2016) INSTAGRAM SEBAGAI AJANG EKSISTENSI DIRI Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
1. cover draft.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Instagram sebagai Ajang Eksistensi Diri (Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku pengguna Instagram , untuk mengetahui eksistensi diri para pengguna Instagram serta mengetahui kolerasi antara pengguna Instagram dengan eksistensi dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Fenomenologi dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan mempelajari buku- buku referensi, observasi langsung ke lapangan, wawancara mendalam, juga penelusuran data lewat internet yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Subjek pada penelitian ini adalah pengguna Instagram dikalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas Bandung. Subjek penelitian ini adalah orang- orang yang benar- benar aktif mengakses Instagram setiap harinya. Hasil dari penelitian ini adalah pengungkapan media jejaring sosial Instagram pada penggunanya berdasarkan pengguna Instagram dikalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unpas khususnya kesepuluh narasumber dalam penelitian ini adalah: secara umum mereka menggunakan Instagram untuk memposting foto atau video, saling berinteraksi dengan pengguna Instagram lainnya, meningkatkan rasa percaya diri dan menjadi ajang eksistensi diri. Perilaku pengguna Instagram berbeda- beda sesuai dengan kebutuhan mereka menggunakannya. Dengan mereka menggunakan Instagram mereka merasa bahwa dengan memposting foto, banyak yang mengapresiasi hasil karyanya akan menambah eksistensinya dimata pengguna lainnya. Kolerasi antara perilaku pengguna Instagram dan eksistensi diri terlihat dari seberapa seringnya mereka memposting foto fotonya dengan semakin banyaknya yang memfollow, like dan memberikan komentar- komentar positif terhadap hasil jepretannya. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan rekomendasi agar para pengguna Instagram tetap berhati- hati, baik dan bijak dalam menggunakan media sosial ini, gunakan Intagram untuk keperluan dan tujuan yang positif. Alangkah lebih baiknya jika penggunaannya tidak berlebihan hingga tidak banyak waktu yang terbuang hanya karena mengakses Instagram saja.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 24 Sep 2016 13:50
Last Modified: 24 Sep 2016 13:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12619

Actions (login required)

View Item View Item