STRATEGI KOMUNIKASI BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) (Studi Kasus Strategi Komunikasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Cabang Bandung)

FEBY SAIFULLOH IRAWAN, 102050264 (2016) STRATEGI KOMUNIKASI BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) (Studi Kasus Strategi Komunikasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Cabang Bandung). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (48kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (52kB)
[img] Text
cover draft, lembar pengesahan, surat pernyataan.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
BAB I (1).pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan penulis pada proses penyampaian program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) yang dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Bandung kepada peserta dan perusahaan di wilayah kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Minat Konsumen BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Cabang Bandung serta hambatan – hambatan apa saja yang di hadapi dalam program tersebut. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan konsep strategi komunikasi yang terbagi ke dalam Strategi Penyusunan Pesan, Strategi Menetapkan Komunikator, Strategi penentuan Physical Context, dan Strategi Pencapaian Efek. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dirancang oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dapat dijelaskan melalui model komunikasi interaksional yang terjadi dalam suatu sistem, yaitu dibatasi oleh adanya Undang-Undang dan peraturan lainnya yang berlaku. Pengirim pesan yaitu staf dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Bandung Bidang program JPK mengirimkan pesan berupa program JPK melalui saluran komunikasi berupa kegiatan sosialisasi maupun konsultasi serta media berupa buku panduan JPK. Anggota JPK (penerima pesan) memberikan sebuah feedback berupa pertanyaan, masukan, ataupun keluhan kepada pihak PT Jamsostek. Dalam proses komunikasi tersebut terdapat gangguan dalam penyampaian pesan, yaitu berupa perbedaan penafsiran mengenai program JPK oleh peserta, metode komunikasi yang kurang variatif, kemampuan petugas PT Jamsostek yang kurang dalam menjelaskan program JPK, tingkat partisipasi yang rendah dari peserta, dan kesadaran pengusaha dan tenaga kerja yang masih rendah dalam mengikuti program JPK ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah PT Jamsostek Cabang Bandung telah menyusun strategi dalam program JPK, baik dalam penyampaian pesan, penentuan Physical Context, dan pencapaian efek yang diharapkan. Meskipun demikian, dalam penetapan komunikator PT Jamsostek Cabang Bandung tidak menentukan kriteria dan petugas khusus karena keterbatasan jumlah sumber daya manusia yang ada. Selain itu masih ditemui hambatan-hambatan dalam program ini baik yang berasal dari internal PT Jamsostek Cabang Bandung maupun dari pihak rumah sakit/ puskesmas, perusahaan, maupun tenaga kerja itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 24 Sep 2016 13:50
Last Modified: 24 Sep 2016 13:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12616

Actions (login required)

View Item View Item