PENERAPAN METODE MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (MRP) DALAM MENGEFISIENSIKAN BIAYA PERSEDIAAN KOMPONEN PYLON PESAWAT KOMERSIL AIRBUS A320 DI PT. DIRGANTARA INDONESIA

Lovanda Kharisma Adzani, 124010144 (2016) PENERAPAN METODE MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (MRP) DALAM MENGEFISIENSIKAN BIAYA PERSEDIAAN KOMPONEN PYLON PESAWAT KOMERSIL AIRBUS A320 DI PT. DIRGANTARA INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Material Requirement Planning (MRP) adalah sebuah metode yang sistematis dan terukur untuk membantu perusahaan dalam mengelola persediaannya. Melalui metoode ini perusahaan dapat mengetahui apa yang dibutuhkan dalam proses produksi, jumnlahnya berapa, dan kapan waktu produksinya, sehingga melalui metode ini biaya persediaan dapat ditekan, hasilnya adalah biaya produksi dapat diminimalisasi dan produktivitas dapat ditingkatkan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Material Requirement Planning (MRP) di PT. Dirgantara Indonesia dalam mengefesiensikan biaya persediaan memiliki pengaruh yang cukup baik. Perencanaan kebutuhan material dengan menggunakan metode MRP dalam tulisan ini menggunakan metode Lot Sizing, dimana metode-metode Lot Sizing yang digunakan adalah Lot-For-Lot, dan Part Periode Balancing (PPB, Pembagian Sebagian Periode). PT. Dirgantara Indonesia melakukan proses pengendalian persediaan bahan baku berdasarkan atas adanya pesanan dari konsumen (Job Order). Total biaya persediaan bahan baku komponen Pylon yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah Rp. 434.120.620,-. Sedangkan dengan menggunakan metode MRP total biaya yang dikeluarkan adalah metode lot-for-lot Rp. 490.129.620 dan metode part periode balancing Rp. 296.838.320. Dari kedua metode MRP tersebut, dapat diketahui bahwa metode Part Periode Balancing memiliki total biaya persediaan paling rendah, artinya perusahaan dapat mengefesiensikan biaya persediaan sebesar 31,62%. Sehingga dengan demikian terbukti bahwa salah satu metode MRP ini dapat berperan dalam mengefesiensikan biaya persediaan bahan baku pada perusahaan. Kata Kunci: Material Requirement Planning (MRP), Lot Sizing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2012
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 23 Sep 2016 22:55
Last Modified: 23 Sep 2016 22:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12601

Actions (login required)

View Item View Item