ANALISIS CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM ( STUDI PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2016)

Yusi Nursaidah Siregar, 124010211 (2016) ANALISIS CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM ( STUDI PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2016). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisa penerapan CAPM (Capital Asset Pricing Model) dalam pemilihan saham untuk pengambilan keputusan investasi. Capital Asset Pricing Model merupakan suatu model keseimbangan yang dapat menentukan saham-saham yang direkomendasikan untuk diinvestasi berdasarkan hubungan antara risiko dan return pada perusahaan sub sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tidak langsung dan studi kepustakaan. Data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data sekunder berupa harga penutupan saham bulanan dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Harga saham perusahaan subsektor perbankan dari BEI dan tingkat suku bunga SBI bulanan. Teknik analisis data dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Microsoft Excel. Sampel penelitian terdiri dari 15 perusahaan subsektor perbankan yang termasuk pada indeks infobank15 periode Januari 2016 sampai Juni 2016. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel yaitu purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan rata-rata risiko sistematis (beta) sebesar 1,464 dan Bank Sinar Mas, Tbk (BSIM) memiliki beta tertinggi yaitu sebesar 4,747 dan termasuk saham yang agresif karena beta lebih dari satu (β>1). Bank Sinar Mas, Tbk (BSIM) memiliki tingkat pengembalian yang diharapkan tertinggi, yaitu sebesar 0,319 atau 31,9%, dan terdapat 7 perusahaan yang layak untuk diinvestasi dari 15 perusahaan karena memiliki tingkat pengembalian individu lebih besar dibandingkan tingkat pengembalian yang diharapkan. Kata Kunci : Capital Asset Pricing Model (CAPM), Risiko Sistematis (Beta), Tingkat Pengembalian Saham Individu, Tingkat Pengembalian yang Diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2012
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 23 Sep 2016 22:21
Last Modified: 23 Sep 2016 22:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12594

Actions (login required)

View Item View Item