PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA KONSEP SEL

YUNISA NURFITRIANTIWI, 125040080 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA KONSEP SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRACT.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB II.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Belajar hakikatnya merupakan suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat diindikasikan dalam berbagai bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan multimedia berbasis project based learning pada konsep sel di SMA Negeri 1 Cililin. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu peneliti ingin mengukur peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan multimedia berbasis project based learning yang diukur melalui tes berupa soal pilihan ganda dan non tes berupa penilaian afektif dan psikomotor. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu 33 siswa di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Cililin yang diberikan 30 soal objektif pilihan ganda sebagai tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk mengukur kemampuan hasil belajar siswa, sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penerapan multimedia berbasis project based learning. Hasil penelitian diperoleh data pretest dan posttest dengan nilai rata-rata pretest sebesar 38.16 dan nilai rata-rata posttest sebesar 81.27. Kemudian peneliti melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, dan didapatkan hasil dimana t hitung (23.82) > t tabel (2.74) (α = 0.01). Dari hasil uji hipotesis inilah didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest, dimana terjadi peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan multimedia berbasis project based learning. Selain hasil pretest dan posttest yang menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam ranah kognitif, hasil penilaian sikap dan keterampilan juga menunjukkan hasil yang baik dimana penilaian sikap siswa diperoleh nilai rata-rata 82,77 dengan kategori sangat baik, dan hasil penilaian keterampilan siswa diperoleh nilai rata-rata 92,22 dengan kategori baik. Kata kunci : Hasil belajar siswa, Multimedia, Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 19:41
Last Modified: 23 Sep 2016 19:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12587

Actions (login required)

View Item View Item