PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SEMESTER GENAP DI SMA NUGRAHA BANDUNG)

CLARA IKAMARA PRAMADIA PUTRI, 125020077 (2016) PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SEMESTER GENAP DI SMA NUGRAHA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER CLA.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK CLA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT CLA.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I CLA.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II CLA.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA CLA.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS Semester Genap di SMA Nugraha Bandung). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Nugraha Bandung, untuk mengetahui berapa besar hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Nugraha Bandung, untuk mengetahui berapa besar pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Nugraha Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian assosiatif kasual. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi, dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan Sample Jenuh (Sensus), yaitu peserta didik kelas X IIS di SMA Nugraha Bandung, kelas X IIS 1 dan kelas X IIS 2 semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 80 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif fasilitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi semester genap kelas X IIS di SMA Nugraha Bandung. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 21,0 for windows. Hasil olah data terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,744 itu berarti korelasi tersebut cukup kuat, regresi linear sederhana sebesar Y = 5,403 + 0,549 X, dan koefisien determinasi atau R x 2 sebesar 55,4%. Hasil perhitungan rata - rata butiran kepada variabel X yaitu sebesar 81% yang menunjukan peserta didik setuju bahwa fasilitas belajar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil rata-rata tiap butiran kepada variabel Y sebesar 80,2% yang menunjukan bahwa peserta didik kelas X IIS SMA Nugraha Bandung dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para guru ekonomi agar menggunakan fasilitas belajar yang ada agar mempermudah, memperlancar, mengefektifkan serta mengefisienkan penyelenggaraan kegiatan belajar guna mencapai tujuan belajar dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar dan menjadikan hasil yang baik bagi hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Fasilitas belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 18:43
Last Modified: 23 Sep 2016 18:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12573

Actions (login required)

View Item View Item