PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA KONSEP VIRUS

DEVIA IFDIANA, 125040175 (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA KONSEP VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER devia.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indo.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ing.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 1 devia.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 2 devia.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA devia.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Devia Ifdiana. 2016. Perbandingan Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Numbered Head Together pada konsep Virus . Dibimbing oleh . Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd. sebagai Pembimbing I dan Drs. H. Ahmad Mulyadi, M.Pd. sebagai Pembimbing II. Penelitian ini berjudul “ Perbandingan Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Numbered Head Together pada konsep Virus “. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi bagaimana Perbandingan Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Numbered Head Together pada konsep Virus . Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu ( Quasi experiment) . Den gan desain penelitian Nonequivalent Group Design . Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN Jatinangor tahun ajaran 2 016/2017 yang berjumlah sebanyak 6 kelas dengan sampel dua kelas yaitu X IPA 1 dan X IPA 2 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling . Instrumen yang digunakan berupa tes obyektif berjumlah 20 soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data post - test dengan uji t didapatkan hasil bahwa t hit > t tab pada taraf kepercayaan 1 %, yakn i 2, 78 > 2,6 5 . Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Based Learning . Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perb edaan yang nyata atau signifikan antara p engguna an model pembelajaran Numbered Head Together d an Problem Based Learning di kelas X dalam konsep Virus . N ilai rata - rata post - test kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 80, 44 sedangkan kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together sebesar 7 2 , 0 5. Kata kunci : Numbered Head Together , Problem Based Learning , hasil belajar, konsep Virus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2016 18:53
Last Modified: 23 Sep 2016 18:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12566

Actions (login required)

View Item View Item