PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KEMAMPUAN MENULIS SURAT UNDANGAN

Rizka Islam, 115060028 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KEMAMPUAN MENULIS SURAT UNDANGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER skripsi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan K elas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat undangan siswa di sekolah dasar khususnya di kelas V. Penelitian ini dilatarbelakangi o leh hasil temuan dalam kegiatan diskusi dengan guru kelas V SDN 4 Sijuk Belitung dan kegiatan observasi di kelas V SDN 4 Sijuk Belitung yang menggambarkan kualitas menulis surat undangan siswa kelas V masih rendah dengan tidak terpenuhinya KKM yang telah d itetapkan sekolah. Penelitian ini mencakup tiga rumusan masalah yaitu: (1) bagaimanakah menyusun RPP pada materi kemampuan menulis surat undangan melalui model Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Sijuk Belitung. (2) apakah proses pelaksanaan pembelajaran pada kemampuan menulis surat undangan dengan menggunakan model Picture and Picture di kelas V SDN 4 Sijuk Belitung dapat meningkatk an motivasi belajar siswa. (3) apakah proses pembelajaran pada kemampuan menulis surat undangan dengan menggunakan model Picture and Picture di kelas V SDN 4 Sijuk Belitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 4 Sijuk Belitung yang berjumlah 28 siswa - siswi. Alat pengumpul data berupa soal tes menulis surat undangan dan lembar observasi aktivitas atau sikap siswa selama pembelajaran. Penghitungan data dilakukan dengan menghitung hasil tes penelitian berupa prete s, postes, hasil, observasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menulis surat undangan siswa semakin baik setelah diulangi beberapa siklus ke II. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan hasil dari pretes dan postes siswa yang meningkat hingg a memperoleh nilai rata - rata 78,38 (tuntas) disiklus ke II. Jika dibandingkan awal nilai di siklus I memperoleh nilai rata - rata 68, 7 5 (tidak tuntas) dibawah nilai KKM (70). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Picture and Picture mampu men ingkatkan kemampuan menulis surat undangan dan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran. Dengan demikian penggunaan media gambar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran se lanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2016 17:29
Last Modified: 23 Sep 2016 17:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12551

Actions (login required)

View Item View Item