PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA SELF EFFICACY SISWA SMP

ATI ADI YANTI, NPM. 148060036 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA SELF EFFICACY SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL ( ATI ADI YANTI - 148060036 ) (1).docx

Download (80kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis adalah suatu pencapaian kurikulum yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika serta rendahnya self efficacy. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif model yang lain untuk meningkatkan kemampuan tersebut kepada siswa, salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut adalah model pembelajaran problem based learning. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, komunikasi matematis, serta self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) tipe embedeed dengan desain penelitian yaitu desaian kuasi eksperimen, dimana subjek tidak dikelompokan secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Pustek Serpong tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis, angket self efficacy, lembar observasi, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model problem based learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model problem based learning lebih baik dari pada siswa yang menggunkan pembelajaran konvensional; 3) self efficacy siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis, serta self efficacy siswa Kata kunci: medel problem based learning, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan kominikasi matematis, self efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Sep 2016 15:27
Last Modified: 23 Sep 2016 15:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item