EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SIRSAK ( Annona muricata L ) SEBAGAI BIOPESTISIDA PENGENDALI KECOA AMERIKA ( Periplaneta a mericana (L) ) (Blattaria:Blattidae) DI PEMUKIMAN

SITI NUR ROKHMAH, 115040047 (2016) EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SIRSAK ( Annona muricata L ) SEBAGAI BIOPESTISIDA PENGENDALI KECOA AMERIKA ( Periplaneta a mericana (L) ) (Blattaria:Blattidae) DI PEMUKIMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC ENGLISH.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Siti Nur Rokhmah. 2016 . “E FEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SIRSAK ( Annona muricata L ) SEBAGAI BIOPES TISIDA PENGENDALI KECOA AMERIKA ( Periplaneta a mericana (L) ) (Blattaria:Blattidae) DI PEMUKIMAN” Di Bawah Bimbingan Bapak Drs. Yusuf Ibrahim, M.P., M.Pd dan Bapak Drs. H. Ahmad Mulyadi, M.Pd Penelitian ini dilakukan atas latar belakang mas alah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dikarenakan Indonesia merupakan negara tropik yang mempunyai suhu dan kelembaban yang berpengaruh bagi penularan parasit , salah satu vektor dalam penularan penyakit yakini kecoa P.americana . Dengan datangnya kecoa yang menginvasi rumah - rumah maka akan menyebabkan masalah yang beragam bagi kesehatan maupun kebersihan . Untuk itu dilakukan suatu solusi dengan cara memanfaatka n ekstrak daun sirsak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan informasi efektivitas ekstrak daun sirsak ( Annona muricata linn ) sebagai biopestisida terhadap mortalitas kecoa Periplaneta a mericana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan enam perlakuan yaitu kontrol (0%), ekstrak daun sirsak dengan konsentrasi 15%, 30%, 45%, 60%, 75%, dan dengan empat kali pengulangan. Pengujian ekstrak daun sirsak dilakukan dengan metode penyem protan (kontak langsung) terhadap subjek 240 ekor kecoa P.americana . Parameter utama yang diukur yaitu tingkat kematian kecoa P.americana yang mencapai taraf 50%. Konsentrasi mortalitas yang digunakan pada penelitian ini tidak lebih dari 50% karena apabil a konsentrasi yang digunakan lebih dari 50% maka akan mengganggu jumlah populasi pada kecoa P.americana yang berakhir dengan terganggunya ekosistem. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi ekstrak daun sirsak minimum yang paling efektif berdasarkan perhit ungan LC 50 adalah mulai 24,0% yang efektif terhadap kematian 50% kecoa P.americana , sedangkan hasil pengujian menunjukka konsentrasi 30% efektif terhadap kematian 52,5% dan konsentrasi ekstrak daun sirsak maksimum yang dapat digunakan adalah 75% yang mampu menghasilkan tingkat kematian sebesar 85%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun sirsak ( Annona muricata linn ) efektif sebagai biopestisida terhadap kecoa P.americana karena diidentifikasi mengandung senyawa minyak atsiri, eugenol, saponin, tanin, dan flavonoid yang memilki sifat sebagai pengendali serangga penganggu. Kata Kunci : Ekstrak daun sirsak ( Annona muricata linn ), Konsentrasi LC 50 , Kecoa Periplaneta americana.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2016 14:47
Last Modified: 23 Sep 2016 14:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12537

Actions (login required)

View Item View Item