PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN (Studi kasus pada kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bojong Purwakarta)

Karina Diamanda Yuana Putri, 125020099 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN (Studi kasus pada kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bojong Purwakarta). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover kdyp.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II revisi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kasus Pada Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Bojong Purwakarta). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning dengan yang tidak menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Design With Nonequivalent Groups. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yaitu kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa dan kelas XI Akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan SPSS 18,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata variabel Y 83,78% yang berarti siswa mempersepsikan model pembelajaran berlangsung dengan baik, dan rata-rata variabel X 78,93%. Hasil hipotesis menunjukkan penerapan model problem based learning berdistribusi normal karena lebih besar dari 0,05 yang berarti penerapan model problem based learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan siswa setuju bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para guru kewirausahaan agar menciptakan suasana belajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Model problem based learning dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran karena memiliki manfaat bagi siswa untuk lebih membangun siswa untuk dapat berpikir kritis dalam berkelompok dan berbasis pemahaman bukan penghapalan. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 14:32
Last Modified: 23 Sep 2016 14:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12535

Actions (login required)

View Item View Item