OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN SISWA PADA SUB KONSEP PENCEMARAN AIR DI SMA NEGERI 10 BANDUNG

SANTRIANINGSIH, 125040173 (2016) OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN SISWA PADA SUB KONSEP PENCEMARAN AIR DI SMA NEGERI 10 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui seberapa besar optimalisasi penerapan penilaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan siswa. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan sikap dan keterampilan siswa lebih baik pada sub konsep pencemaran air, sedangkan bagi guru dan sekolah sebagai bahan pertimbangan alternatif untuk mengoptimalkan penerapan penilaian autentik dikelas serta dapat meningkatkan mutu lulusan sehingga dapat menciptakan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah lain. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 1 di SMAN 10 Bandung, subjek siswa 35 orang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Deskriptif dengan metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs (nondesigns), yaitu penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dimana tidak mungkin mengadakan kelas kontrol. Data hasil penelitian kemudian di analisis menggunakan analisis data statistik desriptif. Setelah menganalisis data hasil penelitian berupa hasil penilaian sikap menunjukan jumlah rata-rata 89,79 dengan kriteria sangat baik, hasil penilaian keterampilan menunjukan jumlah rata-rata 89,48 dengan kriteria sangat baik, hasil angket siswa menunjukan respon yang baik setelah dilaksanakan pembelajaran dengan mengoptimalkan penilaian autentik, dan wawancara tim ahli pada kurikulum 2013 dan penilaian autentik bahwa mengoptimalkan penerapan penilaian autentik sangat baik dan dapat dilakukan oleh pendidik pada setiap pembelajaran karena akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mengoptimalkan penerapan penilaian autentik pada sub konsep pencemaran air sangat baik dilakukan di dalam kelas serta dapat meningkatkan sikap dan keterampilan di kelas X SMAN 10 Bandung pada sub konsep pencemaran air. Kata kunci : Optimalisasi Penerapan Penilaian Autentik, Sikap dan Keterampilan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 14:24
Last Modified: 23 Sep 2016 14:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12531

Actions (login required)

View Item View Item