OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN SISWA PADA SUB KONSEP DAUR ULANG LIMBAH

RISMA FITRIYANTI, 125040029 (2016) OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN SISWA PADA SUB KONSEP DAUR ULANG LIMBAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK IND.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENG.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 RISMA.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 RISMA.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA RISMA.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang belum optimalnya penerapan penilaian autentik terhadap sikap dan keterampilan siswa pada sub konsep daur ulang limbah di SMA Negeri 16 Bandung, hal ini disebabkan karena penilaian proses pembelajaran yang masih menggunakan penilaian tradisional sehingga kemampuan peserta didik kurang dikembangkan dan diaplikasikan ke dunia nyata. Kemudian peserta didik akan lebih akan lebih aktif dan inovatif karena belum pernah melakukan pembelajaran dengan pembuatan produk sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penerapan penilaian autentik terutama pada ranah sikap dan ranah keterampilan peserta didik pada sub konsep daur ulang limbah menggunakan pembelajaran berbasis pembuatan produk. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 16 Bandung. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 dengan jumlah 36 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi penilaian sikap, lembar penilaian keterampilan, lembar angket dan lembar pertanyaan wawancara kepada tim ahli. Setelah dilakukan penelitian dengan penilaian sikap dan penilaian keterampilan peneliti melanjutkan analisis data dengan menghitung skor yang dicapai dari seluruh aspek yang dinilai kemudian menghitungnya dengan rumus dan diperoleh nilai rata-rata dari skor optimal 75 sebesar 87,78 untuk ranah sikap dan sebesar 91,43 untuk ranah keterampilan dari skor optimal 75 dengan kategori duaduanya yaitu sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan penilaian autentik secara optimal dengan menggunakan sub konsep daur ulang limbah dapat meningkatkan sikap dan keterampilan siswa secara nyata. Kata Kunci: Optimalisasi, Penilaian Autentik, Ranah Sikap, Ranah Keterampilan, Produk, Daur Ulang, Limbah dan Daur Ulang Limbah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 14:20
Last Modified: 23 Sep 2016 14:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12529

Actions (login required)

View Item View Item