YUAN PUSPITA HARNUM, 125040020 (2016) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIVARIASI DENGAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KONSEP SISTEM PEREDARAB DARAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
05 ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
05 ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
06. BAB I.pdf Download (266kB) |
||
|
Text
07. BAB II.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya pemahaman Peserta Didik kelas XI MIPA disalah satu SMA di Kota Bandung terhadap suatu konsep yang disebabkan antara lain oleh penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat, sehingga Peserta didik sulit memahami pesan materi yang disampaikan oleh guru, Peserta didik Peserta didik hanya mampu untuk menghapal saja, kemudian peserta didik lebih paham bilamana materi dipelajari dengan cara berdiskusi teman sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Divariasi dengan Peta Konsep pada konsep Sistem Peredaran Darah. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI di SMA Nasional Kota Bandung, yaitu kelas XI MIPA dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental desaign. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 30 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah diuji cobakan sebelumnya. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 32,5 dan rata-rata pottest sebesar 82. Setelah menganalisis data data hasil penilaian sikap menentukan jumlah rata-rata 76,33, dengan kriteria baik, dan penilaian keterampilan menunjukan rata-rata 80,83 dengan kriteria sangat baik. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil uji t signifikan karena t hitung > t tabel sebesar 23,76 > 2,06. Hasil pengolahan data penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tolak Ho, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan. Maka dapat dikatakan penggunaan pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Divariasi dengan Peta Konsep pada konsep Sistem Peredaran Darah dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik. Kata Kunci : Metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Peta Konsep, Hasil belajar, Sistem Peredaran Darah
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 14:16 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 14:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12528 |
Actions (login required)
View Item |