KASUS PEMBUNUHAN WAYAN MIRNA DALAM BINGKAI MEDIA ONLINE Analisis Framing Kasus Pembunuhan Wayan Mirna dalam Media Online Detik.com dan Kompas.com

Sarah Sahara Agatha Sudrajat, 122050115 (2016) KASUS PEMBUNUHAN WAYAN MIRNA DALAM BINGKAI MEDIA ONLINE Analisis Framing Kasus Pembunuhan Wayan Mirna dalam Media Online Detik.com dan Kompas.com. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I pdf.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II pdf.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ANALISIS FRAMING KASUS PEMBUNUHAN WAYAN MIRNA DALAM BINGKAI MEDIA ONLINE” Penelitian ini menjelaskan pembingkaian (framing) mengenai kasus kematian Wayan Mirna Salihin. Dua media online yang dipilih sebagai sasaran penelitian yaitu Detik.com dan Kompas.com. Dua media ini merupakan institusi pers yang berpengaruh dalam kehidupan pers Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui berita pembunuhan Wayan Mirna yang dibingkai oleh Detik.com dan Kompas.com Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Robert N. Entman. Penelitian dilakukan dengan mengamati teks berita menggunakan empat struktur analisis framing, yaitu define problem (mengidentifikasi masalah), diagnose causes (penyebab masalah), moral evolution (penilaian moral), dan treatment recommendation (memberi solusi). Hasil analisis framing terhadap teks berita memperlihatkan kedua media online yang berbeda dalam membingkai kasus kematian Mirna. Perbedaan pembingkaian itu tidak luput dari berbagai fakta yang mempengaruhi pers dalam negeri. detik.com cenderung menyoroti modus dibalik misteri kematian Mirna sedangkan kompas.com menganggap hal ini sebagai kasus hukum terkait pembunuhan berencana. Dari segi ruang detik.com lebih memberikan ruang disbanding kompas.com. Dari segi isi, kompas lugas dan berani dalam menungkapkan pandangannya. Rekomendasi yang dapat diberikan dalam hal pembingkaian berita ini adalah media yang besar hendaknya lebih cover both side (adil) dalam menyajikan suatu pemberitaan. Dari segi penulisan usahakan tidak terlalu provokatif, sedangkan dalam mengkontruksi berita sebaiknya menampilkan hubungan sebab akibat yang jelas disertai dengan argument yang alasan yang jelas pula dan hendaknya berita dapat memberi masukan yang positif kepada khalayak.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 23 Sep 2016 16:52
Last Modified: 23 Sep 2016 16:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12521

Actions (login required)

View Item View Item