PEMBELAJAR AN MENULIS NOTULEN RAPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPANDING PANEL PADA SISWA KELAS XI SMK ICB CINTA WISATA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

GINA YUNITA, 125030148 (2016) PEMBELAJAR AN MENULIS NOTULEN RAPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPANDING PANEL PADA SISWA KELAS XI SMK ICB CINTA WISATA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAAK - INDONESIA.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACK - ENGLISH.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I Bab II.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan proses berpikir. Dengan menulis, seseorang dapat mengungkapkan ide, gagasan, dan pikiran mengekspresikan diri. Bagi sebagian orang, menulis menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan karena apa yang dipikirkan dapat dituangkan ke dalam tulisan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Menulis Notulen Rapat dengan Menggunakan Metode Expanding Pane l pada Siswa Kelas XI SMK ICB Cinta Wisata Bandung”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah : ( 1) m ampukah penulis me - rencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis notulen rapat dengan menggunakan metode expanding panel pada siswa kelas XI SMK ICB Cinta Wisata Bandung ? ; ( 2) m ampukah siswa kelas XI SMK ICB Cinta Wisata Bandung menulis notulen rapat dengan menentukan kepala, isi, dan bagian akhir notulen rapat ? ; dan ( 3) e fektifkah metode expanding panel digunakan dalam pembelajaran menulis notulen rapat pada siswa kelas XI SMK ICB Cinta Wisata Bandung ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan penulis dalam menerapkan metode expanding panel dalam pembelajaran menulis notulen rapat pada siswa kelas XI SMK ICB Cinta Wisata bandung; (2) kemampuan siswa kelas XI SMK ICB Cinta Wisata Bandung dalam menulis notulen rapat; dan (3) ketepatan metode expanding panel yang digunakan dalam pembelajaran men ulis notulen rapat pada siswa kelas XI SMK ICB Cinta Wisata Bandung. Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah dilakukan, penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan , dan menilai pembelajaran me - nulis notulen rapat dengan menggunakan metode expanding panel pada siswa kelas XI - JB3 SMK ICB Cinta Wisata Bandung . Hasil rata - rata nilai pe - rencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3, 72 . 2. Siswa kelas XI - JB3 SMK ICB Cinta Wisata bandung mampu menulis notulen rapat dengan menggunakan metode expanding panel . Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata - rata pretes sebesar 1,96 dan nilai rata - rata postes sebesar 3,15 , sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 1,19 . 3. Metode expanding panel efektif digunakan dalam pembelajaran menulis notulen rapat . Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil menunjuk - kan > , yakni 9,15 > 1,85 dalam tingkat ke percayaan 95% dengan derajat kebebasan 19 . Hal ini membuktikan bahwa metode expanding panel efektif digunakan dalam pembelajaran menulis notulen rapat . Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:49
Last Modified: 23 Sep 2016 13:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12516

Actions (login required)

View Item View Item