NILAI APTI PADA TANAMAN MAHONI ( Swietenia macrophylla King. ) DAN TANJUNG ( Mimusops elengi L. ) YANG TERDAPAT DI TEPI JALAN KOTA BANDUNG

LINGGAWATI KURNIASOMOKASIH NIMPUN, 125040069 (2016) NILAI APTI PADA TANAMAN MAHONI ( Swietenia macrophylla King. ) DAN TANJUNG ( Mimusops elengi L. ) YANG TERDAPAT DI TEPI JALAN KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Linggawati Kurniasomokasih Nimpuno. 2016. “ NILAI APTI PADA TANAMAN MAHONI ( Swietenia macrophylla King. ) DAN TANJUNG ( Mimusops elengi L. ) YANG TERDAPAT DI TEPI JALAN KOTA BANDUNG . ” Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Cartono, M.Pd., M.T. dan Ibu Mimi Halimah, S.Pd., M.Si. Tingkat toleransi setiap tanaman berbeda. Air Pollution Tolerance Index (APTI) adalah suatu angka yang menunjukkan tingkat toleransi tanaman terhadap polusi (Singh et al ., 1991 dalam Udayana, 2004). Telah dilakukan penelitian mengenai nilai APTI pada tanaman Mahoni ( Swietenia macrophylla King. ) dan Tanjung ( Mimusops elengi L. ) yang terdapat di tepi jalan Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dari bulan April hingga Juni 20 16 dengan tujuan untuk mengetahui tingkat toleransi tanaman terhadap pencemaran udara yang terdapat di jalan L. L. RE. Martadinata Kota Bandung. Tumbuhan yang digunakan adalah Mahoni ( Swietenia macrophylla King. ) dan Tanjung ( Mimusops elengi L. ) sebagai tanaman tepi jalan yang paling dominan di jalan L. L. RE. Martadinata. Metode yang digunakan yaitu purposive sampling dan hand sorting , serta menghitung nilai APTI yang terdiri dari berbagai parameter fisiologi pada daun, diantaranya kandungan as am askorbat, total klorofil daun, pH, serta kadar air . Berdasarkan nilai APTI, tanaman dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yaitu toleran (nilai APTI 30 - 100), in termediet toleran (nilai APTI 17 - 29 ), sensitif (nilai APTI 16 - 1), dan sangat sensiti f (nilai APTI <1). Hasil penelitian menunjukan nilai APTI pada tanaman Mahoni ( Swietenia macrophylla King. ) adalah 23.35 sedangkan nilai APTI pada tanaman Tanjung ( Mimusops elengi L. ) adalah 19.78 sehingga kedua tanaman tersebut termasuk ke dalam kategori intermediet toleran. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa tanaman Mahoni ( Swietenia macrophylla King. ) dan Tanjung ( Mimusops elengi L. ) merupakan tanaman yang cukup toleran terhadap pencemaran udara sebagai tanaman tepi jalan L. L. RE. Martadinata Kota Bandung. Kata Kunci: APTI ( Air Pollution Tolerance Index ), Mahoni ( Swietenia macrophylla King. ), Tanjung ( Mimusops elengi L. ).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:48
Last Modified: 26 Sep 2016 13:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12504

Actions (login required)

View Item View Item