NILAI APTI (Air Pollution Tolerance Index ) PADA TANAMAN DAMAR ( Agathis dammara ) DAN PUCUK MERAH ( Syzygium oleana ) YANG TERDAPAT DI TEPI JALAN IR. H. JUANDA KOTA BANDUNG

Lalah Puspitasari, 125040076 (2016) NILAI APTI (Air Pollution Tolerance Index ) PADA TANAMAN DAMAR ( Agathis dammara ) DAN PUCUK MERAH ( Syzygium oleana ) YANG TERDAPAT DI TEPI JALAN IR. H. JUANDA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Lalah Puspitasari. 2016. Nilai APTI (Air Pollution Tolerance Index) pada Tanaman Damar (Agathis dammara) d an Pucuk Merah (Syzygium oleana) yang Terdapat di Tepi Jalan Ir. H. Juanda Kota Bandung. Dibimbing oleh Drs. Otang Hidayat, M.Pd., dan Mimi Halimah, S.Pd.,M.Si. Penelitian mengenai nilai APTI (Air Pollution Tolerance I ndex) pada tanaman damar (A gathis dammara) dan pucuk merah (S yzygium oleana) di jalan Ir. H. Juanda Kota B andung . P enelitian ini bertujuan u ntuk mengetahui nilai APTI (Air Pollution Tolerance Index ) pada tanaman Damar (Agathis dammara) dan Pucuk Merah (Syzygium oleana) yang terdapat di jalan I r. H. Juanda kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, dengan desain penelitian Observasiona l, teknik pengambilan sampel tanaman dengan menggunakan Purposive Sampling dan metode Hand S orting . Parameter yang di ukur dengan menggunakan nilai APTI yaitu empat parameter fisiologis pada daun diantaranya kandungan asam askorbat, jumlah total klorofil, pH ekstrak daun dan kadar air daun . Berdasarkan nilai APTI, tanaman dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yaitu toleran (nilai APTI 30 - 100), menengah (nilai APTI 29 - 17), sensitif (nilai APTI 16 - 1), dan sangat sensitif (nilai APTI <1). Nilai APTI t ertinggi yaitu pada tanaman pucuk merah ( Syzygium oleana) sebesar 16,61 dan pada tanaman damar sebesar 8,52. Kedua tanaman tersebut termasuk kedalam tanaman yang sensitif terhadap polusi udara. Sehingga tanaman tersebut dapat dijadikan sebagai bioindikator lingkungan yang artinya untuk mengetahui dan memberi per ingatan dini terjadinya polusi. Kata Kunci : Agathis dammara , Syzygium oleana, APTI (Air Pollution Tolerance Index)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:48
Last Modified: 23 Sep 2016 13:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12500

Actions (login required)

View Item View Item