PENGARUH SARANA DAN PRASARANA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dikelas XI IIS SMA PGRI 1 Bandung)

RIZKITA JANATUSURUR, 125020033 (2016) PENGARUH SARANA DAN PRASARANA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dikelas XI IIS SMA PGRI 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak fix.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PENGARUH SARANA DAN PRASARANA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA” ( Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IIS 3 SMA PGRI 1 Bandung. Peneletian ini dilatar belakangi oleh sekolah yang masih menyediakan alat bantu belajar atau sarana dan prasarana yang belum memadai sehingga siswa kurang optimal dalam dalam mengikuti pembelajaran . Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui sarana dan prasarana yang ada di SMA PGRI 1 Bandung dalam mata pelajaran ekonomi ; 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI IIS di SMA PGRI 1 Bandung ; 3) Untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS di SMA PGRI 1 Bandung. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survey. Dengan siswa yang menjadi responden sebanyak 39 orang. Instrumen yang digunakan adalah Angket (Quisioner). Angket ini terdiri dari 25 pernyataan yang terdiri dari 15 pernyataan untuk sarana dan prasarana belajar dan 10 pernyataan untuk hasil belajar siswa.Data diolah dan di analisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 21.0 for windows dan Excel 2007. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil data olah terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,797 yang berarti korelasi tersebut bertanda positif.Hasil penelitian menunjukan bahwa sarana dan prasarana belajar pada mata pelajaran ekonomi dikelas Xl IIS SMA PGRI 1 Bandung berpengaruh terhadap keaktifan siswa sebesar 63,6% dan berada dikategori baik. Dan 36,4% di pengaruhi oleh faktor lain.Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif sarana dan prasarana belajar terhadap hasil belajar siswa. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada siswa untuk lebih termotivasi dalam meningkatkan hasil belajar, kepada guru untuk dapat lebih memanfaatkan sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar, kepada sekolah untuk memberikan sarana dan prasarana yang menunjang untuk membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, dan kepada peneliti terdahulu untuk dapat mengembangkan penelitian mengenai pemanfaatan sarana dan prasarana belajar disekolah lain serta dapat meneliti lebih lanjut pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci: Sarana dan prasarana belajar. Hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:10
Last Modified: 23 Sep 2016 13:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12496

Actions (login required)

View Item View Item