Re-Layout Penempatan Finish Good Di Gudang Penyimpanan Berdasarkan Kebijakan Metode Class Based Storage Policy (PT. Plasindo Lestari-Cikampek).

FIQI MAULANA PAMBUDI, 123010034 and Toto Ramadhan, DS and Mohammad Syarwani, DS (2016) Re-Layout Penempatan Finish Good Di Gudang Penyimpanan Berdasarkan Kebijakan Metode Class Based Storage Policy (PT. Plasindo Lestari-Cikampek). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Plasindo Lestari merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan kemasan dengan semboyan Flexible Packaging. Salah satu permasalahan yang sedang dihadapi oleh PT. Plasindo Lestari adalah berada pada gudang penyimpanan finish good. Sistem yang diterapkan dalam penyimpanan finish good masih belum begitu terkoordinasi yang ditandai dengan lamanya proses bongkar muat barang. Hal tersebut disebabkan karena jarak tempuh alat material handling yang jauh. Dengan adanya permasalahan jarak tempuh yang jauh dalam proses bongkar muat maka akan berdampak terhadap total biaya atau yang sering disebut ongkos material handling yang harus dikeluarkan oleh perusahaan menjadi tinggi. Tujuan dari penelitian Tugas Akhir ini adalah untuk menentukan dan merancang sebuah tata letak usulan (Re-layout) dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh PT. Plasindo Lestari. Dengan merancang sebuah usulan tata letak gudang penyimpanan finish good, maka diharapkan jarak tempuh alat material handling dalam melakukan proses bongkar muat akan semakin pendek. Sehingga setelah jarak tempuh bongkar muat barang menjadi pendek, maka akan berpengaruh terhadap ongkos material handling yang semakin kecil. Oleh karena itu penurunan jarak tempuh berbanding lurus dengan penurunan ongkos material handling. Pengolahan data yang akan digunakan adalah dengan menggunakan metode Class Based Storage Policy. Metode Class Based Storage Policy merupakan kebijakan penyimpanan dengan membagi menjadi tiga kelas yaitu kelas A, B, dan C. Kebijakan ini juga didasarkan pada Hukum Pareto. Class Based Storage Policy adalah suatu metode yang membuat pengaturan dan penataan tempat penyimpanan menjadi lebih fleksibel. Perancangan tata letak usulan menggunakan metode Class Based Storage Policy dimulai dari penjabaran jenis finish good yang kemudian dihitung frekuensi perpindahan barang. Setelah mengetahui frekuensi perpindahan finish good, maka pengelompokkan jenis finish good ke dalam tiga kelas dapat dilakukan dengan memperhatikan persentase penyerapan dana. Maka setelah mengelompokkan ke dalam tiga kelas, perhitungan jarak perpindahan dapat dihitung dengan menggunakan perhitungan koordinat Rectilinier dan kemudian dihitung total ongkos material handling. Dengan adanya rancangan penyusunan tempat penyimpanan dengan metode Class Based Storage Policy ini diharapkan finish good akan menempati tempat penyimpanan yang lebih terkoordinir dengan jarak perpindahan finish good terpendek dan dengan ongkos material handling yang kecil. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jarak perpindahan finish good mengalami penurunan menjadi 7.412.762,4 m dalam 6 bulan dan ongkos material handling mengalami penurunan menjadi Rp. 52.128.897,89 dalam 6 bulan dengan nilai ongkos material handling sebesar Rp. 7,03 Kata Kunci : Re-layout Gudang, Class Based Storage Policy, Material Handling

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 22 Sep 2016 19:53
Last Modified: 22 Sep 2016 19:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12477

Actions (login required)

View Item View Item