AGUS HARIYANTO, NPM. 138020189 (2016) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN TERHADAP USAHA KECIL (Studi Kasus pada Penjualan Produk Minuman Gelas Susu Kedelai diwilayah Desa Rawapanjang Citayam). Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
AGUS HARIYANTO.docx Download (34kB) |
Abstract
Katagori produk minuman gelas susu kedelai memiliki pelunga pasar yang besar dan prospek yang cerah sehingga banyak pengusaha kompetitor yang memasuki dan ikut berkompetisi dalam bidang usaha ini sehingga membuat persaingan semakin ketat. Memasarkan produknya, salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan minuman gelas susu kedelai adalah mengunakan strategi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, saluran distribusi, promosi dan orang. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauhmana pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi, promosi dan orang terhadap peningkatan penjualan minuman gelas susu kedelai di Desa Rawapanjang Citayam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap peningkatan penjualan minuman gelas susu kedelai di desa rawapanjang citayam. Dan untuk mengetahui variabel yang dominan mempengaruhi peningkatan penjualan minuman gelas susu kedelai di desa rawapanjang citayam. Teori yang digunakan adalah manajemen pemasaran mengenai strategi bauran pemasaran dan prilaku konsumen. Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang didukung survei, kuesioner. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif, sifat penelitian adalah hanya ingin memperoleh gambaran tentang suatu keadaan dan persoalan serta mengintreprestasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah 133 penjual minuman gelas susu kedelai, ukuran sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Korelasi Koefisiensi Pearson dan analisis inferensia dimaksudkan untuk mengetahui secara parsial pengaruh variabel indenpeden terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 90% (α = 0,10) Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi, promosi dan orang yang berpengaruh signifikan adalah variabel harga, saluran distribusi dan promosi sedangkan produk dan orang diatas tingkat kepercayaan 10% (α = 0,10) tidak signifikan terhadap peningkatan penjualan minuman gelas susu kedelai di Desa Rawapanjang Citayam. Secara parsial hanya tiga variabel indenvenden saya yang signifikan yaitu dari hasil pengolahan SPSS dapat dinyatakan bahwa korelasi antara produk dengan peningkatan penjualan tidak signifikan karena α (alpha) sebesar 0,416, korelasi antara harga dengan peningkatan penjualan signifikan karena α (alpha) sebesar 0,058, korelasi antara promosi dengan peningkatan penjualan signifikan karena α (alpha) sebesar 0,009, korelasi antara tempat dengan peningkatan penjualan signifikan karena α (alpha) sebesar 0,052, korelasi antara orang dengan peningkatan penjualan tidak signifikan karena α (alpha) sebesar 0,168. Pembahasan diatas menunjukan variabel produk dan orang tidak signifikan namun hasil korelasi yang positif dan kuat maka tidak perlu meningkatkan produk atau orang karena tidak mempengaruhi peningkatan penjualan. Dan pada variabel harga, promosi dan tempat menunjukan signifikan namun hasil korelasi yang positif dan kuat hal tersebut dapat diartikan dengan melakukan perubahan terhadap tiga variabel maka dapat mempengaruhi peningkatan penjualan yang lebih baik. Kata kunci: Bauran Pemasaran, langkah maju dalam peningkatan penjualan
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2016 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 18:13 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 18:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12435 |
Actions (login required)
View Item |