PENGGUNAAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

EVA MULYAWATI, 125040085 (2016) PENGGUNAAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya penguasaan belajar siswa kelas X MAN 2 Cilegon terhadap materi keanekaragaman hayati, sebagian besar nilai rata-rata dari ulangan biologi dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75 dan rendahnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Cilegon. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga didapatkan kelas X IPA 2 sebanyak 34 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimental Designs dengan desain penelitian One Group Pretest-posttest Designs. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Instrumen dalam penelitian ini adalah test objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan pilihan jawaban 5 yang telah disesuaikan dengan pencapaian indikator yang sudah diuji cobakan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai pretest berkisar 15-50 dengan rata-rata 31,97 dan nilai posttest berkisar 65-100 dengan rata-rata 84,6. Analisis uji data gain diperoleh nilai 0,74 dengan kriteria sangat tinggi. Untuk hasil dari perhitungan keaktivan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) yaitu 94,57 dengan kriteria sangat baik. Hasil dari perhitungan respon siswa terhadap pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) yaitu 74,12 dengan kriteria baik. Hasil dari perhitungan keaktivan guru dan RPP guru terhadap pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) telah terlaksana dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati dan respon siswa pada katagori baik. Kata Kunci: Jelajah Alam Sekitar (JAS), hasil belajar, respon siswa, konsep keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 17:54
Last Modified: 22 Sep 2016 17:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12427

Actions (login required)

View Item View Item