PEMBELAJARAN MERINGKAS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NENG ENDANG PERMATASARI, 125030088 (2016) PEMBELAJARAN MERINGKAS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu aspek penting dalam proses komunikasi. Menulis dapat membuat seseorang lebih mengenali kemampuan dan potensinya. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk meringkas teks eksplanasi. Model mind mapping merupakan salah satu model pembelajaran yang terbukti efektif untuk semua umur. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran meringkas teks eksplanasi dengan menggunakan model mind mapping pada sisiwa kelas VII C SMP Negeri 1 Lembang. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) mampukah penulis melaksanakan pembelajaran meringkas teks eksplanasi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas VII C SMP? (2) mampukah siswa kelas VII C SMP meringkas teks eksplanasi dengan menggunakan model mind mapping? (3) tepatkah model mind mapping digunakan dalam meringkas teks eksplanasi pada siswa kelas VII C SMP? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran meringkas teks eksplanasi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Lembang. (2) siswa kelas VII C mampu meringkas teks eksplanasi dengan cermat dan tepat. (3) model mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran meringkas teks eksplanasi pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Lembang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, tes, dan analisis data. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran meringkas teks eksplanasi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Lembang. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan sebesar 3,7 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,6. Kemampuan penulis termasuk kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Lembang mampu meringkas teks eksplanasi dengan mengembangkan gagasan pokok, mengembangkan sudut pandang, dan mengembangkan kerangka sesuai karangan asli. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 1,37 dan nilai rata-rata postes 3,25. Peningkatannya sebesar 1,88. 3. Model mind mapping tepat digunakan dalam pembelajaran meringkas teks eksplanasi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung sebesar 21,36 ttabel sebesar 2,032 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 34. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Berdasarkan data dan hasil penelitian di atas, maka disimpulkan bahwa ketiga hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata Kunci: Meringkas, mind mapping, pembelajaran, teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 17:36
Last Modified: 22 Sep 2016 17:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12410

Actions (login required)

View Item View Item