PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN PENGALAMAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MENULIS CERITA SINGKAT PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HELAWATI, 125030082 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN PENGALAMAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MENULIS CERITA SINGKAT PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 Cover Jadi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Menulis adalah suatu kegiatan untuk mencipatakan suatu catatan atau informsi pada suatu media dengan mengguakan aksara. Menulis biasa dilakukan pada kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Permasalahan penelitian ini meliputi: (1) Mampukah penulis melaksanakan kegiatan pembelajaran menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman dengan menggunakan teknik menulis cerita singkat pada siswa kelas X-3 SMA Pasundan 2 Bandung?; (2) Mampukah siswa kelas X-3 SMA Pasundan 2 Bandung menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman dengan menggunakan teknik menulis cerita singkat?; dan (3) Efektifkah teknik menulis cerita singkat digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh, penulis dapat mengambil simpulan sebagai berikut. a. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis cerpen berdasarkan peng- alaman dengan menggunakan teknik menulis cerita singkat pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Bandung. Hal ini terbukti berdasarkan tanggapan deskriftif dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menulis yaitu 3,75 dengan kategori nilai baik (A). Artinya penulis dianggap layak dalam penelitian. b. Siswa kelas X-3 SMA Pasundan 2 Bandung, mampu menulis cerpen berdasarkan pengalaman dengan teknik pembelajaran menulis cerita singkat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes 39 sedangkan nilai ratarata postes 82. Jadi selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 43. Hasil ini membuktikan bahwa kempuan menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Bandung mengalami peningkatan. c. Teknik pembelajaran menulis cerita singkat efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasi e- besar 18,18 sebesar 2,03 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebasar 33. Dengan demikian, penulis menyimpulkan pembelajaran menulis cerpen dengan berdasarkan pengalaman dengan menggunakan teknik cerita singkat berhasil dengan baik. Keyword: pembelajaran, menulis, cerita pendek, pengalaman pribadi, teknik, menulis cerita singkat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 17:32
Last Modified: 22 Sep 2016 17:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12408

Actions (login required)

View Item View Item